Kamis, 07 Januari 2016

DATA DATA TELEKOMUNIKASI

Data DATA TELEKOMUNIKASI
Komunikasi data merupakan gabungan 2 macam teknik yaitu teknik telekomunikasi dan teknik pengolahan data. Seperti diketahui telekomunikasi ialah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik ke titik yang lain, sedangkan pengolahan data ialah segala keigatan yang berhubungan dengan pengolahan data.
Tujuan dari komunikasi data antara lain :
1.             memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar efisien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari satu tempat ke tempat yang lain.
2.             memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jauh (remote computer use).
3.             memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol (baik sentralisasi maupun desentralisasi).
4.             mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer.
5.             mengurangi waktu untuk pengolahan data.
6.             mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kendalan).
7.             mempercepat penyebarluasan informasi.
 
Dengan melihat kegunaan dari komunikasi data ini dikenal beberapa sistem komunikasi data yang penggunaannya secara umum dapat digolongkan dalam beberapa bidang yaitu :
1.      bidang pengumpulan data (data collection)
data dapat dikumpulkan dari beberapa tempat (remote station), di simpan dalam memori dan pada waktu-waktu tertentu data tersebut akan diolah
2.      bidang tanya – jawab (inquiry dan response)
pemakai dapat mengakses langsung ke program atau file. Data yang  dikirimkan ke sistem komputer ini langsung diproses dan hasilnya segera dapat diberikan. Bilamana pemakai melakukan dialog dengan komputer maka sistem semacam ini disebut interaktif.
3.             bidang storage dan retrieval
data yang sebelumnya telah disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan.
4.             bidang time sharing
sejumlah pemakai dapat mengerjakan programnya bersama-sama. Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan kesempatan. Kalau terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu fasilitas roll in-roll out harus dipergunakan.
5.             bidang remote job entry
remote job terminal mengirimkan program atau data (teks) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses. Program tersebut akan dikerjakan secara batch, yaitu diolah setelah gilirannya tiba.
6.             bidang real time data processing dan process control
hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut (real time).
7.             bidang pertukaran data antarkomputer
pertukaran data berupa program, file dan sebagainya antar system komputer. Pada aplikasi ini data yang dipertukarkan jumlahnya banyak dan waktu pengiriman dikehendaki singkat sekali
 
untuk berlangsungnya  komunikasi data diperlukan sedikitnya 3 komponen utama yaitu pemancar (transmitter), penerima (receiver) dan media penghubung untuk keduanya.
Tugas ketiga komponen dasar tersebut adalah :
1.      sumber (pemancar atau pengirim)
yaitu pemancar atau pengirim informasi data. Jelas salah satu komponen dasar utama didalam komunikasi data adalah peralatan yang menjadi sumber data atau pemancar. Karena pembicaraan berkisar pada system komputer, maka pada umumnya pemancar adalah suatu sistem komputer. System komputer inilah yang melakukan pengaturan dalam pengiriman data. Seringkali komunikasi data tidak hanya berlangsung satu arah, tapi juga dalam 2 arah sehingga pemancar berfungsi juga sebagai penerima dan sebaliknya. Itulah sebabnya suatu terminal (misalnya video display  unit/crt) dari user pada saat tertentu juga berfungsi sebagai pemancar, demikian juga halnya printer.
2.      medium transmisi
yaitu saluran tempat informasi tersebut disalurkan ke tempat tujuan. Komponen dasar utama yang kedua adalah media yang dipergunakan oleh data yang dikirimkan untuk mencapai tempat tujuannya. Secara gratis besar maka media yang dipergunakan dapat berupa :
·        kabel
·        udara
·        cahaya
3.      penerima
yaitu alat yang menerima informasi yang dikirimkan. Komponen dasar utama yang lain adalah penerima data atau receiver. Umumnya suatu penerima berupa terminal jenis VDU, printer atau a;at pencetak jenis lain (plotter misalnya) bahkan system komputer lain. Penerima seringkali juga berfungsi sebagai pemancar karena komunikasi berlangsung dalam dua arah, meskipun data yang dikirimkan pemncar adalah data informasi bagi pemakai sedang data yang dikirimkan penerima adalah data berfungsi memberitahukan pemancar mengenai keadaan data yang diterimanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar