Jumat, 08 Januari 2016

contoh kalimat sinonim, hiponimi, homoni, polisemi, dan antonimi

contoh kalimat sinonim, hiponimi, homoni, polisemi, dan antonimi

SINONIM
Bunda = Ibu
Ibu saya seorang PNS.
Nakal = Bandel
Ayu memeng anak yang bandel
Dusta = Bohong
Jumardi berbohong kepada saya.
Ganteng = Keren
kakak saya orangnya memang keren.
Senang = Gembira
Saya sangat gembira bertemu dengan ibu.
ANTONIM
Senang >< Sedih
Saya sedih melihat teman saya yang habis putus cinta.
Lapar >< Kenyang
Bangkit sangat kenyang setelah makan ayam goreng.
Laki-laki >< Perempuan
Bude saya melahirkan seorang anak perempuan.
Panas >< Dingin
Cuaca malam ini sangat dingin karena menggunakan AC.
Gemuk >< Kurus
Karena malas makan Irfan keliatan kurus.
HOMONIM
Bulan (dalam kalender), Bulan (nama satelit)
Pada bulan Desember akan di adakan ujian akhir semester.
Malam ini bulan bersinar dengan indah.
Genting (gawat), Genting (atap rumah)
Keadaan masyarakat palestina sekarang sangat genting.
Genting rumah saya bocor akibat terkena angin puting beliung.
Dasar
Dasar Andi anaknya memang nakal.
Dasar Negara kita adalah pancasila.
Bagi (pembagian), Bagi (untuk)
Makanan itu harus di bagi rata.
Bagi mahasiswi Gunadarma diwajibkan memakai jilbab.
Rapat (tidak renggang), Rapat (pertemuan)
Pak guru menyuruh kami rapat dalam barisan upacara bendera.
Besok pagi ada rapat di hotel bumi wiyata.
HOMOFON
Rok (pakaian), Rock (aliran music)
Saya sangat suka music rock.
Ayu memakai rok ke kampus.
Djarum (merek rokok), Jarum (alat untuk menjahit)
Ayah menyuruh saya membeli rokok djarum.
Tangan saya berdarah akibat tertusuk jarum.
Tank (kendaraan perang), Tang (alat perkakas)
TNI latihan menggunakan mobil tank.
Saya butuh tang untuk memperbaiki motor.
Massa (kerumunan masyarakat), Masa (waktu)
Pencuri itu tewas di keroyok massa.
Saya ingin hidup lebih baik di masa yang akan datang.
Bank(tempat menyimpan uang), Bang(panggilan untuk kakak)
Banyak orang yag menyimpan uangnya di bank.
Bang Toyib masih belum pulang juga, karena belum tiga kali lebaran.
HOMOGRAF
Serang (nama kota), Serang (perang)
Minggu depan saya ingin ke kota Serang yang berada di Banten.
Pasukan itu di serang oleh musuhnya.
Per (benda), Per (pembagian)
Per sepeda itu bekerja dengan baik.
Mahasiswa harus membayar uang bangunan per semester.
Tahu(makanan), Tahu(mengetahui)
Irfan tidak suka makan tahu.
Saya tahu tentang pelajaran ini.
POLISEMI
Memeluk
Keluarga saya memeluk agama islam.
saya sangat ingin memeluk ibu saya.
Kepala
Tiap kepala di wajibkan membayar uang pajak.
Ayah saya adalah seorang kepala sekolah.
Mata
Mata saya perih terkena debu.
Polisi itu menjadi mata-mata bandar narkoba.
Tangan
Tangan Andri terluka terkena pisau.
Ayah saya menjadi tangan kanan presiden.
Darah
Kepala Opik penuh darah akibat terbentur.
Saya dan Rahmet memiliki hubungan darah.
HIPERNIM DAN HIPONIM
HIPERNIM         : Setan
HIPONIM            : Tuyul, kuntilanak, pocong, sundel bolong, dsb.
HIPERNIM         : Buah
HIPONIM            : Mangga, apel. anggur, jambu, jeruk, dsb.
HIPERNIM         : Hewan
HIPONIM            : Ayam, kambing, sapi, harimau, singa, dsb.
HIPERNIM         : Kendaraan
HIPONIM            : Mobil, motor, sepeda, becak, dsb.
HIPERNIM         : Handphone
HIPONIM            : Nokia, motorola, samsung, asus, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar