TUGAS IMK,MINGGU KE 4 DAN 5
INTERFACE USER
TUJUAN INTERFACE USER
NAMA:BANGKIT
AKBAR GEMILANG
KELAS:2KB03
NPM:21113633
Interface
BAB 4…………………………………………………………………..
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme
komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User
Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan
informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran
masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Contoh konsep luas user
interface mencakup aspek
interaktif sistem operasi komputer, perkakas tangan,
operator kontrol mesin berat. dan proses kontrol.
Pertimbangan desain yang berlaku saat membuat user interface berkaitan dengan
ergonomik dan psikologi.
User interface yang
ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara
:
•
Input,
memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem.
Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek
manipulasi pengguna
Perbandingan Interface Website Baik
dan Kurang Baik
A. Interface
website yang kurang baik.
Silahkan anda lihat interface
diatas. Dilihat secara kasat mata sudah jelas bahwa website ini sudah
tidak menarik dan tidak enak dimata.Bagaimana user bisa berlama-lama memanjakan
dirinya dengan info-info yang tersedia di website tersebut dengan desain dan
interface seperti diatas yang pasti orang pusing melihatnya L. Ada 4
point yang ingin saya komentari :
1. Content
Merupakan salah satu
yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah website.Content adalah isi dan
inti dari suatu website. Dapat dilihat diatas dimana content tersebut
tidak jelas,maksudnya seseorang tidak akan tau/sulit untuk membedakan
dimana yang merupakan content dan yang bukan,seperti iklan,category,link,
dsb.
2. Coloring
Pewarnaan juga
sangat mendukung dalam pengembangan sebuah website,dengan tujuan agar interface
tidak membosankan ,dengan warna yang slalu monton hitam putih. Sedangkan
pewarnaan diatas kurang baik. Website diatas memang sudah menggunakan warna
diluar hitam putih,namun sangat tidak sinkron,terlalu banyak warna-warna yang
tidak match,tapi mungkin menurut si pembuat website tersebut itu menarik. Kalau
boleh komentar sedikit, website ini bisa diibaratkan buku gambar yang dipakai
untuk menggambar seorang anak-anak yang sedang belajar menggambar/mewarnai,jadi
ya seperti itu hasilnya acak kadul J.
3. Desain
Ini lebih
parah lagi,dimana tidak memiliki struktur desain yang baik . Lihat contoh
diatas misalnya ,seseorang yang berkunjung pasti akan tidak enak melihat desain
website tersebut dan mungkin juga akan bingung.Tidak jelas dimana yang
footer,header,sidebar dan contentnya. Selanjutnya gambar background yang
acak-acakan yang sangat mengganggu pemandangan.
4.Text
Untuk tulisan
jelas kurang baik,terlalu banyak jenis font yang cukup mengganggu dan
penempatan yang kurang baik karena tidak didukung oleh desain yang baik pula.
Sebaiknya dalam penggunaan font
untuk sebuah website memakai font yang umum dipakai dan mudah dan enak dibaca
semua orang,jangan cuma enak dilihat dari diri sendiri tapi orang tidak.
B .Interface website yang baik
Sample gambar diatas diambil dari
http://tif.uad.ac.id dan merupakan salah satu website UAD di
jurusan informatika.Dilihat sepintas saja sudah jelas bahwa
interfacenya sangat bagus dan terstruktur, berbeda dengan website satunya yang
tidak teratur dan acak-acakan. Mungkin yang membedakan adalah website ini
didesain oleh orang yang ahli dalam bidangnya.
1.
Content
Sangat terlihat sekali
perbedaan dengan website yang sebelumnya dijelaskan diatas. Pada website
ini terlihat jelas content yang bagus,jelas dan tidak membingungkan user.
Mungkin dengan content yang seperti
ini user akan lebih berlama-lama nongkrong di website kita untuk memanjakan
mata dan otak dengan isi-isi yang ada dan bermanfaat.
2.
Coloring
Pewaranaan sudah cukup
baik,dimana tidak terlalu banyak warna yang mencolok dan membuat pusing.
Mungkin karena ini merupakan website formal jadi penggunaan warnanya
tidak terlalu banyak.
3.
Desain
Pada website ini jelas
terlihat memiliki rancangan desain yang sangat baik,sesuai dengan aturan
dalam pembangunan interface sebuah web. Terlihat jelas mana yang content dan
mana yang bukan,dan menggunakan background yang sederhana ,bukan gambar
yang justru akan membuat web tampak aneh. Dengan tampilan interface
seperti ini ,jadi seseorang tidak akan pusing/bingung lagi untuk mencari apa
yang ingin dicari diweb tersebut.
4.
Text
Dalam penggunaan
text dapat dibilang baik,karena tidak terlalu banyak penggunaan jenis
font yang aneh-aneh, dan hanya menggunakan beberapa jenis font yang umum sering
digunakan, serta mudah untuk dibaca semua orang.
Ulasan
Dari
perbandingan diatas mungkin kita menjadi sedikit tahu seperti
apa dan bagaimana interface yang baik. Untuk membuat suatu interface yang
baik dalam suatu website kita harus memperhatikan beberapa hal penting :
1.
Harus memahami konsep dasar dari interaksi manusia dan computer.
2.
Harus mendesain interaksi dan proses.
3.
Terdapat notasi,dialog dan desain dalam interface
4.
Model-model dari system
5.
Pendukung implementasi interface
Macam-macam User Interface
User Interface ada dua jenis, yaitu :
- Graphical User Interface (GUI) : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
2.Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk
memberikan perintah
Keunggulan GUI
Saat ini interface yang banyak digunakan dalam
software adalah GUI (Graphical User Interface). GUI memberikan keuntungan
seperti:
- Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim.
- Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi.
Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa
macam tugas/keperluan
Karakteristik GUI
Tipe-tipe Interaksi Dengan User Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:
- Direct manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games. Kelebihan : Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.
- Menu selection – pilihan berbentuk menu : Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki. Kelebihan : User tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language.
- Form fill-in – pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control. Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user.
- Command language – perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system. Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
- Natural language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata.
- kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan
Bahasa dalam User
Interface
Bahasa dalam User
Interface Tujuan
sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia
agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini
penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa
merupakan alat komunikasi tertua kedua gestur, yang dipakai orang untuk
berkomunikasi sehari-harinya.
Tanpa bahasa pun kadang
ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat
universal.
Meski penting, namun
sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah, sering dianggap
kurang begitu penting. Bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang
elemen-elemen interface lainnya
BAB
6…………………………………………………………………….
APA ITU GUI?.................................................................................................................................
Gui adalah singkatan dari Graphical
User Interface, digunakan untuk membuat tampilan di layar komputer yang
berbentuk grafis. GUI berbeda dengan teknologi komputer dimasa lalu. Komputer
jaman dahulu tampilan hanya sebatas teks. Keunggulan GUI teknologi GUI ini
adalah kita/user dapat menjalankan komputer dan instruksi-instruksi hanya
dengan menekan mouse (klik).
Kelebihan
dan Kekurangan GUI………………………………………………………………...
Kelebihan GUI :
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
Sejarah singkat mengenai GUI………………………………………………………
Pada
awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang
diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua
program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem
informasi. Hal ini tentu saja dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain
itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena
itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan
oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat.
Akhirnya lahirlah yang disebut
dengan GUI atau graphical User Interface. GUI adalah seperangkat aplikasi yang
menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lainnya yang menggantikan
perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah
mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat perintah yang menggunakan
teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini didasarkan bahwa manusia lebih
mudah mengingat gambar dibanding tulisan. GUI pertama kali digunakan dalam
komputer yang diproduksi oleh Apple yakni Machintosh dengan Steve Jobs sebagai
penggagasnya. Namun belakangan sistem operasi lain mengikutinya, seperti
misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya yang menjadi tren setter penggunaan
start menu dan taskbar di bawah
PENGEMBANGAN APLIKASI GUI
MENGGUNAKAN PHP DAN GAMBART
Pendahuluan
Data statistik menunjukkan
bahwasanya tidak kurang dari 40% aplikasi web dibangun dengan menggunakan
bahasa pemrograman PHP. Hal tersebut memperlihatkan dominasi PHP pada dunia
pengembangan aplikasi web. Pada kenyataannya, PHP adalah bahasa pemrograman
yang sangat handal yang dapat melakukan banyak hal selain mengolah
halaman-halaman web.
Mungkin masih banyak di antara kita
yang belum mengetahui bahwasanya selain digunakan untuk membangun aplikasi web,
PHP dapat pula digunakan untuk membangun aplikasi GUI (Graphical User
Interface). Hal tersebut sangatlah wajar mengingat belum populernya penggunaan
PHP untuk membangun aplikasi GUI. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai
pembangunan aplikasi GUI dengan menggunakan gambArt yang merupakan produk dari
proyek open source karya developer Indonesia.
PHP dan Aplikasi GUI
Saat ini kita dapat menemukan
beberapa solusi yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi GUI dengan
menggunakan PHP. Solusi yang ada dan cukup banyak dikenal saat ini adalah: PHP-GTK, WinBinder,
dan PHP-QT.
Sayangnya, walaupun solusi untuk
pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP sudah tersedia, kita masih “belum”
dapat menemukan aplikasi GUI komersial berskala enterprise yang dibangun dengan
menggunakan PHP. Mengapa hal ini bisa terjadi? Beberapa penyebab yang mendasari
minimnya penggunaan PHP dalam pembangunan aplikasi GUI adalah sebagai berikut :
- Belum mature-nya solusi yang ada. Hal ini menyebabkan developer enggan untuk menggunakan PHP untuk membangun aplikasi GUI komersial
- Perkembangan dari solusi-solusi tersebut masih kurang cepat
- Tingkat kesulitan pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP masih relatif tinggi
- Kemampuan yang dimiliki PHP untuk pembangunan aplikasi GUI masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yang sudah lebih dahulu digunakan untuk pembangunan aplikasi GUI, misalnya Java, C# dan C++
- Serta berbagai alasan lainnya
Untuk menjawab berbagai masalah
tersebut di atas, saat ini tengah dikembangkan sebuah solusi baru untuk
membantu pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP. Solusi baru tersebut adalah
Klorofil Platform. Klorofil Platform dibangun oleh suatu komunitas yang bernama
Klorofil Collaboration Project atau dikenal juga dengan nama Klorofil. Di dalam
Klorofil Platform terdapat sebuah GUI framework yang bernama gambArt. GUI
framework inilah yang dapat kita gunakan untuk membangun aplikasi GUI
menggunakan PHP.
Sebelum kita membahas lebih lanjut
mengenai Klorofil Platform, gambArt, dan lain sebagainya, kita akan melihat
terlebih dahulu salah satu aplikasi yang dibangun menggunakan gambArt. Gambar
kalkulator yang anda lihat adalah dibangun dengan menggunakan PHP dan gambArt.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar